Menu Tradisional untuk Pesta Pernikahan yang Pas di Tahun 2020

WhatsApp Image 2020-01-05 at 23.23.51

Apa yang paling kamu cari kalau datang ke acara pernikahan? Habis salaman sama sang pengantin, foto-foto terus datangin stand makanan dong. Berbagai jenis makanan bisa kamu temui di acara pernikahan, mulai bakso, empal gentong, sate sampai model makanan ala western pun ada.

Beda daerah biasanya juga beda jenis makanannya, apalagi kita tinggal dinegara yang kaya akan jenis kulinernya. Nggak cuma sate, empal gentong, es puter atau soto aja lho yang selalu ada di acara pernikahan orang Indonesia. Beberapa jenis makanan tradisional yang jadi ciri khas setiap daerah juga wajib ada dan harus selalu dilestarikan.

Dilansir Lintaswedding dari berbagai sumber, berikut delapan makanan tradisional yang wajib ada di acara pernikahan di Indonesia.

1. Kelicuk.

Kelicuk merupakan makanan khas Rejang, Sumatera Selatan. Terbuat dari pisang yang dicampur dengan beras ketan, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kelicuk disuguhkan saat acara pernikahan atau kegiatan tradisional lainnya. Makanan ini melambangkan kesuburan, sehingga diharapkan pengantin bisa segera dikaruniai anak.

2. Roti Buaya.

Roti buaya sebenarnya hampir sama dengan roti pada umumnya yang memiliki rasa manis. Roti buaya menjadi makanan yang wajib ada di acara pernikahan adat betawi. Buaya memiliki makna sebagai hewan yang setia karena hanya kawin sekali dengan pasangannya. Selain itu buaya juga melambangkan kemapanan.

3. Jenang.

Jenang adalah makanan khas yang selalu ada di acara pernikahan masyarakat Jawa. Jenang diartikan sebagai ucapan syukur kepada sang pencipta dari sang pemilik acara. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis.

4. Orem-orem.

Orem-orem adalah makanan khas dari kota Malang yang berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam dan dimasak kuah santan. Penyajiannya bersamaan dengan ketupat dan tauge kemudian disiram dengan kuah santan. Makanan ini juga disajikan khas dalam hajatan pernikahan di Malang.

5. Rengginang.

Makanan renyah yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan ini juga sering ditemukan diacara pernikahan masyarakat Jawa. Secara khusus tak ada makna yang menyimbolkan makanan ini dengan pernikahan.

6. Madumongso.

Madumongso adalah makanan ringan yang memiliki rasa asam bercampur manis, dan terbuat dari ketan hitam yang sudah difermentasi. Biasanya makanan ini juga sering ditemui di acara pernikahan masyarakat Jawa, khususnya Jawa Timur.

7. Sayur Besan.

Selain roti buaya, makanan tradisional yang menjadi menu sajian saat pernikahan adat betawi adalah sayur besan. Sayur ini berbahan dasar terubuk atau sejenis bunga tebu yang tertutup kulit dan berbentuk lonjong putih berbutir-butir seperti telur ikan. Sayur ini menjadi antaran untuk besan karena butir-butir terubuk yang menyatu menjadi bonggol melambangkan ikatan kekeluargaan dari dua keluarga yang menyatu lewat perkawinan.

8. Lemper.

Makanan yang dibungkus daun pisang, berbahan dasar ketan dan berisi abon ini juga sering ditemui diacara pernikahan masyarakat Jawa. Sama seperti Rengginang, tak ada makna khusus perihal kenapa lemper menjadi makanan yang selalu ada diacara pernikahan adat Jawa.

Itulah beberapa pilihan menu makanan tradisional yang bisa kalian sajikan di catering pernikahan Jakarta . Nah, sekarang masalahnya catering Jakarta mana yang punya menu tersebut ?? Eiits, jangan bingung dulu, karena berkah catering sebagai spesialisasi catering pernikahan di Surabaya memiliki menu prasmanan tradisional yang bisa kalian pilih lohh !.. Dan kini berkah catering juga telah mengibarkan sayapnya di Ibukota, jadi untuk area Jakarta dan sekitarnya tidak perlu bingung-bingung lagi yaa cari jasa catering pernikahan yang rekomended.

Untuk area layanan berkah catering sendiri juga meliputi area catering di Bogor sampai dengan catering di Tangerang , berpengalaman lebih dari 5 tahun membuat jasa catering pernikahan yang satu ini yakin banget kalo menu andalannya bisa diterima di JABODETABEK. Gak cuma itu aja, tersedia juga paket pernikahan di Jakarta dengan konsep tradisional yang bisa kalian pilih looh.. so, langsung aja yukk kepoin catering murah yang satu ini. Tahun 2020 masih jaman cari yang mahal ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s